Apa yang Harus Dilakukan Saat Aki Mobil Soak Sebelum Menggantinya

Apa yang Harus Dilakukan Saat Aki Mobil Soak Sebelum Menggantinya

IBID / 20 August 2019 / 50 / Seputar iBID

Fungsi aki atau accu bisa dibilang cukup penting. Komponen ini memiliki tugas untuk menyimpan arus listrik, yang kemudian dialirkan ke sistem starter, pengapian, lampu-lampu, dan komponen kelistrikan di mobil.

Jadi, jika aki mengalami kerusakan atau soak, akan sangat merepotkan si pemilik mobil. Terlebih, jika mobil tengah digunakan di luar kota dan jauh dari bengkel dan toko aki

Nah, hal yang bisa dilakukan sebelum mengganti aki soak tersebut, adalah jump start atau menghidupkan kembali aki dengan menggunakan aki lainnya. Tapi jangan sembarangan, saat melakukan hal tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, pastikan bahwa penyebab mesin mati karena aki, dan setelah yakin akinya soak atau habis seterem, dengan mobil lain yangh masih normal dalam posisi berhadapa sekitar 30 cm dari bumper lain ke bumper lainnya lagi jika memungkinkan. Perlu diperhatikan juga, jika mobil matik, pastikan tuas transmisi dalam posisi Park (P) dan kalau mobil manual harus dalam posisi netral (N) dan rem tangan harus terpasang penuh.

Kenakan sarung tangan berbahan karet, temukan kutub positif (+) dan negatif (-) pada aki kedua mobil. Kalau kutub diberi warna, merah adalah positif dan hitam negatif. Pasang kabel jumper, positif pada kutub positif aki mobil normal, dan ujung satunya di kutub positif aki mobil yang rusak.

Pasang penjepit kabel jumper negatif di terminal negatif yang normal, dan jepitkan ujung kabel jumper hitam yang satunya ke logam mobil di dekat mesin, lebih disukai pada baut penyangga aki yang meyambung dengan sasis. Setelah diyakini aman, hidupkan mobil yang normal selama 1-2 menit. Injak gas dengan pelan untuk sedikit meningkatkan putaran mesin.

Hidupkan mobil yang rusak, mungkin perlu lebih dari sekali, namun jangan sampai mengulangi hingga empat kali atau lebih. Jika mesin berhasil menyala, biarkan selama lima menit di atas idle dan setelah itu biarkan menyala 20 menit dalam posisi idle.


36

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait