Begini Cara Mengecek Kondisi Aki Mobil Kesayangan

Begini Cara Mengecek Kondisi Aki Mobil Kesayangan

IBID / 05 August 2019 / 50 / Seputar iBID

Aki atau accu menjadi salah satu komponen yang memiliki peran penting di kendaraan. Secara prinsip, aki memiliki fungsi untuk menyimpan arus listrik yang kemudian dialirkan ke sistem starter, pengapian, lampu-lampu, dan komponen kelistrikan di mobil.

Nah, jika aki mengalami kerusakan atau biasa disebut soak, maka akan berpengaruh tidak baik dan dapat merusak sistem kelistrikan di mobil kesayangan. Dengan begitu, melakukan pemeriksaan aki secara berkala sangatlah disarankan, agar kondisi aki tetap prima.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk periksa kondisi akinya, seperti yang pertama adalah mengecek indikator yang berada di atas aki. Jika berwarna biru, berarti aki masih dalam keadaan bagus. Namun, jika berwarna putih, berarti aki kurang setrum.

Kedua, pemilik bisa mengecek tingkat air pada aki. Normalnya, air berada di antara lower dan upper. Tapi, jika berada di bawah garis lower, segera tambahkan air akinya.

Kemudian, bisa juga menggunakan alat tester aki untuk melihat voltase normal aki. Saat mesin mati, voltase aki 12 volt dan saat mesin nyala voltase normal antara 13 sampai 14 volt. Perlu diingat, jika voltase kurang atau lebih, berarti aki dalam kondisi tidak baik atau bermasalah.

Terakhir, pemilik kendaraan juga bisa melihat panel spidometer. Tentunya, dengan menyalakan kunci kontak, kemudian hidupkan lampu sein kanan atau kiri. Perhatikan cahayanya, karena jika redup menandakan kondisi aki mulai tidak stabil, serta bisa juga mengetes dengan menyalakan starter dan klakson.

Sebagai informasi, jika aki sudah soak dan perlu diganti pemilik mobil harus mengeluarkan budget yang tidak kecil. Biasanya, harga aki tergantung merek dan tipenya, dan dijual mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.


149

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait