Berniat Membeli Mobil di Balai Lelang, Begini Tipsnya

Berniat Membeli Mobil di Balai Lelang, Begini Tipsnya

IBID / 26 September 2019 / 50 / Seputar iBID

Bagi masyarakat yang hendak membeli mobil bekas (mobkas), biasanya melakukan pencarian di dealer atau lewat pedagang. Namun, ada satu cara yang memang di Indonesia belum begitu populer, yaitu melalui balai lelang.

Padahal, bagi konsumen yang hendak membeli mobkas melalui balai lelang, ada beberapa keuntungan, seperti mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibanding di dealer atau pedagang mobkas, namun kondisi yang masih sangat baik. Meskipun begitu, memang ada beberapa kerugiannya, yaitu keterbatasan pengecekan kondisi mobil, tidak bisa melakukan test drive, dan juga kebanyakan mobil lelang merupakan kendaraan yang diambil paksa atau tersita oleh para penagih hutang maka terkadang surat-surat kendaraan tidak lengkap.

Nah, bagi yang hendak mengikuti lelang, ada beberapa tips agar Anda tidak mengalami kerugian. Pertama, periksa kondisi mobil lelang dengan teliti. Lalu, jangan lupa untuk mengecek kelengkapan dokumennya. Selain itu, periksalah keaslian suku cadang mesin, karena mungkin saja pemilik yang sebelumnya mengganti suku cadang mesin palsu. Biasanya tahun pembuatan yang masih tinggi dapat berarti kondisinya lebih baik.

Tips berikutnya, jangan lupa untuk mengecek harga pasaran mobil yang hendak dibeli secara lelang. Jadi, saat proses lelang, harga yang Anda tawarkan tidak melebihi harga pasaran.

Kemudian, ikuti lelang dengan sabar dan penuh perhitunga. Pada saat pembukaan harga pertama, sebaiknya Anda jangan berebutan memberikan penawaran harga, sebaiknya tunggu dan ketika proses tawar mulai mereda, Anda baru melakukan penawaran.

Mencoba untuk mengunjungi beberapa pelelangan untuk mengetahui pemain langganan juga dapat Anda lakukan untuk lebih mengenal situasi pelelangan.

Setelah mendapatkan mobil lelang, jangan lupa melakukan pemeriksaan menyeluruh ke bengkel. Hal ini dapat mencegah biaya perbaikan yang lebih mahal lagi nantinya. Misalnya, pada saringan AC, rem, oli dan aki mobil.

Terakhir, pilihlah balai lelang yang dapat dipercaya, seperti  Ibid Balai Lelang Serasi.

Pasalnya, dengan memilih Ibid Balai Lelang Serasi, tidak perlu repot memperhatikan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan fitur yang ada, Ibid akan sangat mempermudah calon pembeli untuk mendapatkan mobil impian, dan pastinya banyak pilihan dengan 300 sampai 400 unit mobkas yang dilelang setiap bulannya.

Prosesnya juga sangat mudah, dan tidak memakan waktu dengan fitur lelang online Ibid yang bisa diakses melalui desktop dan juga aplikasi.

Mengikuti lelang online ini cukup mudah, karena Ibid Balai Lelang Serasi juga memudahkan calon pembeli saat mencari mobil, karena di website atau aplikasi IBID sudah terdapat MAP atau Market Auction Price yakni harga acuan pasar serta Astra Car Valuation (ACV).


11

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait