Inilah Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

Inilah Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

IBID / 26 September 2019 / 50 / Seputar iBID

Industri otomotif di Indonesia tengah bergerak menuju perkembangan kendaraan ramah lingkungan, seperti mobil listrik, hybrid, plug-in hybrid, dan energi terbarukan lainnya. Namun, mobil beremisi rendah yang sudah cukup dikenal di tengah masyarakat, adalah dua model yang disebutkan di atas.

Ya, mobil listrik dan hybrid memang sudah cukup dikenal, bahkan sudah ada beberapa pabrikan roda empat yang sudah banyak menjual dua model tersebut, baik secara global maupun di Indonesia.

Kedua mobil ini, sejatinya memiliki perbedaan. Mobil listrik, merupakan kendaraan yang dipersenjatai sebuah mobil listrik sebagai sistem penggerak, dan memiliki sumber energi dari baterai.

Sedangkan untuk mobil hybrid, memiliki dua atau lebih sumber energi sebagai tenaga penggerak. Mobil hybrid, menggabungkan antara motor listrik dan motor bakar konvensional sebagai media penggerak.

Sementara itu, mobil listrik sendiri harus diisi ulang baterainya seperti handphone. Namun, mobil hybrid tidak memerlukan itu, karena motor bakar juga berfungsi sebagai pengisi daya listrik baterai. Alhasil, baterai mobil hybrid tidak pernah kosong dan tidak perlu berhenti untuk isi ulang.

Terakhir, mobil listrik sudah tidak lagi membutuhkan bahan bakar. Berbeda dengan mobil hybrid, yang masih menggunakan penggerak konvensional, sehingga masih harus memerlukan bahan bakar sebagai sumber tenaga. 

Jadi, mobil hybrid ini masih mengeluarkan emisi, meskipun tidak sebesar mobil konvensional karena bahan bakar hanya digunakan motor bakar untuk pengisian baterai bukan untuk sistem penggerak.

Nah, jika Anda belum tertarik dengan mobil hybrid apalagi listrik, mungkin Anda bisa mencari mobil bermesin konvensional melalui jalur lelang. Bahkan di IBID, pembeli bisa mendapatkan mobil bekas (mobkas) berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Dalam mengikuti proses lelang sendiri, bisa dilakukan secara onsite atau langsung di lokasi, ataupun bisa secara online melalui live auction, yang memungkinkan mengikuti lelang tanpa harus datang ke lokasi, namun dilakukan secara real time dengan yang berada di lokasi.

Tapi, jika memilih cara lelang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, sebagai calon pembeli wajib memilih mobkas dengan teliti. Jika perlu, bisa meminta pertolongan kepada sesorang yang mengerti mobil, seperti montir untuk memeriksa seluruh kondisi mobil yang hendak dibeli.

Kemudian, jangan pernah membeli mobkas dengan emosi, karena biasanya akan mudah ditipu oknum pedagang mobkas. Jangan lupa,  ketahui juga harga pasaran mobkas yang diincar, agar mendapatkan harga terbaik, bahkan jauh di bawah harga pasaran. 

Terakhir, pilihlah balai lelang yang dapat dipercaya, seperti  IBID-Balai Lelang Serasi.

28

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait