Jangan Asal Pakai, Ketahui Juga Masa Kedaluwarsa Ban Kendaraan Kesayangan

Jangan Asal Pakai, Ketahui Juga Masa Kedaluwarsa Ban Kendaraan Kesayangan

IBID / 18 October 2019 / 50 / Seputar iBID

Ban menjadi salah satu komponen kendaraan yang sangat penting. Pasalnya, si karet bundar ini menjadi satu-satunya yang bersinggungan langsung dengan jalanan, dan pastinya menyangkut faktor kenyamanan dan keselamatan pengendara dan penumpang di mobil.

Seperti halnya komponen yang wajib dilakukan pergantian, ban juga memiliki masa kedaluwarsa yang harus diperhatikan pemilik mobil. Jika masih nekat menggunakan ban yang sudah habis masa pakainya, pastinya akan berakibat fatal dan sangat berbahaya.

Bicara masa pakai, usia ban ini umumnya selama enam tahun. Cukup panjang memang, namun bisa sudah lebih dari masa pakai tersebut, maka kondisinya sudah tak laik lagi. Ban yang sudah kedaluwarsa karetnya sudah getas, sehingga mengakibatkan ban mudah retak dan pecah.

Menghindari pemilihan ban yang kedaluwarsa, caranya cukup mudah. Hal yang harus diperhatikan pada ban adalah kode produknya. Biasanya, terletak di permukaan samping ban.

Setiap pabrikan, tentunya memiliki jumlah kode digit tersendiri, dan jumlahnya antara lima sampai delapan digit. Tapi, untuk  standar internasional yang bisa menjadi acuan. Menurut standar internasional, empat digit angka dari belakang menunjukkan minggu dan tahun ban diproduksi.

Contohnya, bila ban yang akan anda beli memiliki kode YYY1116, dapat dapat diartikan ban tersebut diproduksi minggu ke-11 tahun 2016. Itu berarti, jika masa kedaluwarsanya adalah enam tahun, saat ini ban masih bisa digunakan. 

Tapi jika di ban tertulis kode CJJ5112, maka sudah pasti tak lagi layak digunakan karena diproduksi pada minggu ke-51 tahun 2012.

Nah sebelum membeli ban baru, ada baiknya Anda baca lebih dahulu kode ini agar mengetahui kapan ban diproduksi sehingga kendaraan Anda aman untuk dikendarai selama beberapa tahun ke depan.


104

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait