Kisah di Balik Mobil 'Rampasan' untuk Presiden Soekarno di Momen Proklamasi

Kisah di Balik Mobil 'Rampasan' untuk Presiden Soekarno di Momen Proklamasi

IBID / 23 August 2019 / 50 / Seputar iBID

Berbicara Presiden republik Indonesia (RI) yang pertama, Soekarno, memang tidak bisa lepas dari dunia otomotif. Bahkan, mobil dinas kepresidenannya, hingga saat ini masih menjadi buruan para kolektor mobil klasik dari seluruh penjuru nusantara, bahkan dari luar negeri.

Namun, ada cerita menarik dari mobil dinas Kepresidenan pertama bapak Proklamator ini. Setelah menjabat jadi Presiden, orang terdekatnya beranggapan Soekarno harus memiliki kendaraan dinas. Kemudian, seorang pengikut Soekarno yang setia bernama Sudiro teringat sebuah mobil limousine merek Buick besar yang begitu cantik.

Mobil tersebut, merupakan milik seorang Jepang yang menjabat Kepala Jawatan Kereta Api, dan setelah rumahnya didatangi dan langsung diminta dengan kalimat pembuka 'Merdeka'. Lalu, si pemilik mobil menyerahkan kuncinya karena orang dekat Soekarno, Sudiro mengatakan hendak mencurinya buat Presidenmu.

Nah, begitulah sekelumit cerita di balik mobil rampasan untuk Presiden Soekarno. Tapi, saat ini, jika mengingkan sebuah mobil tidak perlu melakukan perampasan dan tinggal mengikuti lelang mobil bekas di IBID balai lelang serasi.

Dengan ikut lelang, calon pembeli bisa mendapatkan mobkas berkualitas dengan harga jauh lebih murah dibanding pasaran. Namun, cara ini masih belum dinilai efektif karena masih dianggap merepotkan. Calon pembeli atau konsumen harus ke tempat lelang dan mengikuti prosesnya.

Tapi, cara tersebut sudah dianggap usang, karena IBID Balai Lelang Serasi telah memiliki sistem online, dengan fitur IBID Live Auction. Dengan fitur ini, calon konsumen bisa melakukan bidding atau menawar mobil secara real time dengan calon konsumen lain yang datang ke lokasi lelang.

Mengikuti lelang online ini cukup mudah, karena Ibid Balai Lelang Serasi juga memudahkan calon pembeli saat mencari mobil, karena di website atau aplikasi IBID sudah terdapat MAP atau Market Auction Price yakni harga acuan pasar serta Astra Car Valuation (ACV).

Selain itu, dengan aplikasi IBID , peserta lelang juga bisa mengetahui informasi detail kendaraan dan membandingkan kendaraan karena foto yang ditampilkan sangat jelas sekali, baik eksterior, interior, hingga foto 360 derajat. Bahkan, Anda dapat membandingkan kendaraan dengan fitur bandingkan secara lengkap.


31

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait