Lebih Mudah Ikut Lelang dengan IBID Live Auction Bisa Dari Ujung Indonesia

Lebih Mudah Ikut Lelang dengan IBID Live Auction Bisa Dari Ujung Indonesia

IBID / 18 December 2019 / 591 / Seputar iBID

Mencari mobil bekas (mobkas) idaman kini bisa juga dilakukan dengan mengikuti lelang. Bahkan, keuntungan mengikuti lelang lebih banyak, dibanding harus membeli langsung di dealer atau pedagang, seperti harga jauh lebih murah dan pilihan kendaraan yang lebih banyak.

Terlebih, kini di IBID Balai Lelang Serasi, mengikuti lelang bisa tanpa ribet alias secara online, sehingga tidak harus repot-repot datang ke lokasi lelang. Dengan fitur IBID Live Auction, calon konsumen bisa melakukan bidding atau menawar mobil secara real time bersamaan dengan calon konsumen lain yang datang ke lokasi lelang.

Sejatinya, dalam pelaksanaan IBID Live Auction, diadakan di cabang yang bersangkutan, misalkan Jakarta, namun peserta dari seluruh Indonesia bisa mengikuti lelang tersebut secara real time, dan melakukan penawaran bersamaan dengan peserta yang offline atau mengikuti langsung di tempat lelang.

Sejatinya, IBID sudah cabang untuk lelang fisik di 10 kota di Indonesia, dan 8 kota sudah bisa menggunakan live auction. Untuk Balikpapan, sudah mulai bisa lelang online Oktober lalu, dan Pekanbaru November 2019 lalu.

Mengikuti lelang online di IBID ini cukup mudah, karena Ibid Balai Lelang Serasi juga memudahkan calon pembeli saat mencari mobil, baik di website atau aplikasi IBID sudah terdapat MAP atau Market Auction Price yakni harga acuan pasar serta Astra Car Valuation (ACV).

Dengan fitur ACV ini, peserta lelang juga bisa mengetahui informasi detail kendaraan dan membandingkan kendaraan karena foto yang ditampilkan sangat jelas sekali, baik eksterior, interior, hingga foto 360 derajat. Bahkan, dapat membandingkan kendaraan dengan fitur bandingkan.

Setelah itu, calon peserta lelang bisa mengecek detail kendaraan lewat website atau aplikasi. Kemudian melakukan registrasi, dan jangan lupa beli Nomor Peserta Lelang (NPL). 

Langkah selanjutnya, calon peserta bisa memilih lelang yang diinginkan, yaitu dengan jadwal Live Auction yang berlangsung, dan dapat mengikuti maksimum empat jadwal secara bersamaan. Kemudian, ikuti proses lelangnya secara real time sama dengan peserta yang datang ke tempat lelang.

Setelah mendapatkan kendaraan yang diinginkan, segera lakukan pelunasan. Pembayaran wajib dilakukan selambatnya 5 hari kerja setelah lelang. Namun jika kalah, biaya pembelian NPL akan kembali 100 persen ke nomor rekening terdaftar, selambatnya tiga hari kerja setelah lelang.

Jika saat ingin melakukan pelunasan peserta lelang juga tidak sempat melakukan secara offline, bisa juga pelunasan secara online, dengan opsi pembayaran melalui virtual account.

Namun, jika peserta lelang bisa melakukan pelunasan secara offline,  peserta dapat mengambil kendaraan beserta dokumennya setelah melunasi pembayaran selambatnya 5 hari kerja setelah lelang.

Kini, untuk pengambilan kendaraannya sendiri masih harus diurus sendiri oleh peserta lelang. Jadi, jika pemenang lelang di Surabaya adalah orang Jakarta, maka pengambilan mobil bisa dilakukan langsung ke Surabaya atau melakukan pengiriman yang diurus oleh peserta.

Tapi, ke depannya IBID berencana untuk bekerjasama dengan pihak transportasi atau logistik untuk pengurusan kendaraan pemenang, tapi hingga saat ini masih dalam proses.

Selanjutnya, peserta lelang juga bisa mengetahui progress transaksi penjualan maupun pembelian yang dilakukan di IBID mulai proses pembayaran atau penitipan hingga kapan kendaraan dan dokumen siap untuk diambil. 

Terakhir, peserta lelang juga bisa menyimpan beberapa kendaraan impian dengan mudah, dan mendapatkan notifikasi apabila kendaraan tersebut akan segera dilelang melalui fitur favorit.

Tertarik buat cari mobil bekas idaman melalui lelang? Yuk cek infonya disini.

591

Bagikan :

Artikel Terkait