Mobil Usia 10 Tahun ke Atas Dilarang Beroperasi di Jakarta Pada 2025

Mobil Usia 10 Tahun ke Atas Dilarang Beroperasi di Jakarta Pada 2025

IBID / 26 September 2019 / 50 / Seputar iBID

Buntut dari kualitas udara yang semakin buruk di Jakarta, Gubernur DKI jakarta, Anies Baswedan, mengeluarkan Intruksi Gubernur (Ingub) Nomor 66 Tahun 2019, tentang Pengendalian Kualitas Udara. Ada beberapa poin yang diinstrusikan sang Gubernur, dan salah satunya pembatasan usia kendaraan.

Jadi, rencananya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal memperketat uji emisi bagi kendaraan pribadi mulai 2019, dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi yang berusia lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi di wilayah Jakarta pada 2025.

Dalam rincian Ingub tersebut, Gubernur mengintruksikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, agar memperketat ketentuan uji emisi. Selanjutnya, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta agar mensyaratkan pelaksanaan uji emisi secara berkala bagi seluruh kendaraan bermotor, sebagai salah satu syarat dalam pemberian ijin operasional kendaraan.

Namun, menanggapi peraturan tersebut, bagi masyarakat yang ingin membeli mobil bekas dengan usia di bawah 10 tahun, bisa menggunakan alternatif melalui jalur lelang. Bahkan, dengan sistem ini, pembeli bisa mendapatkan mobil bekas (mobkas) berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Dalam mengikuti proses lelang sendiri, bisa dilakukan secara onsite atau langsung di lokasi, ataupun bisa secara online melalui live auction, yang memungkinkan mengikuti lelang tanpa harus datang ke lokasi, namun dilakukan secara real time dengan yang berada di lokasi.

Tapi, jika memilih cara lelang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, sebagai calon pembeli wajib memilih mobkas dengan teliti. Jika perlu, bisa meminta pertolongan kepada sesorang yang mengerti mobil, seperti montir untuk memeriksa seluruh kondisi mobil yang hendak dibeli.

Kemudian, jangan pernah membeli mobkas dengan emosi, karena biasanya akan mudah ditipu oknum pedagang mobkas. Jangan lupa,  ketahui juga harga pasaran mobkas yang diincar, agar mendapatkan harga terbaik, bahkan jauh di bawah harga pasaran. 

Terakhir, pilihlah balai lelang yang dapat dipercaya, seperti  Ibid Balai Lelang Serasi.

Pasalnya, dengan memilih Ibid Balai Lelang Serasi, tidak perlu repot memperhatikan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan fitur yang ada, Ibid akan sangat mempermudah calon pembeli untuk mendapatkan mobil impian, dan pastinya banyak pilihan dengan 300 sampai 400 unit mobkas yang dilelang setiap bulannya.

Prosesnya juga sangat mudah, dan tidak memakan waktu dengan fitur lelang online Ibid yang bisa diakses melalui desktop dan juga aplikasi.

Mengikuti lelang online ini cukup mudah, karena Ibid Balai Lelang Serasi juga memudahkan calon pembeli saat mencari mobil, karena di website atau aplikasi IBID sudah terdapat MAP atau Market Auction Price yakni harga acuan pasar serta Astra Car Valuation (ACV).

31

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait