Severity: Notice

Message: Undefined variable: cmsBanner

Filename: about/Blog_details_old.php

Line Number: 52

Muat ulang halaman browser anda

PHP Error

Severity: Notice

Message: Trying to get property 'news' of non-object

Filename: about/Blog_details_old.php

Line Number: 52

Muat ulang halaman browser anda

Pertolongan Pertama saat Mobil Mogok Tergenang Banjir
Pertolongan Pertama saat Mobil Mogok Tergenang Banjir

Pertolongan Pertama saat Mobil Mogok Tergenang Banjir

mobil,tips,banjir / 20 February 2020 / 228 / Seputar iBID

Meski sudah memasuki bulan Februari, hujan masih sering mengguyur beberapa wilayah di Indonesia terutama DKI Jakarta dan Surabaya, imbasnya banyak genangan air menutupi ruas jalan. Ketinggiannya pun beragam ada yang hanya semata kaki, namun ada juga yang mencapai lutut. Tentu saja, bencana banjir ini meresahkan, apalagi jika kamu beraktivitas di luar rumah dan harus menerjang banjir menggunakan mobil kesayanganmu.

Jika genangan sudah tak terhindari lagi, kamu pun terpaksa menerjang genangan itu. Padahal kamu sadar kalau mobil yang kamu kendarai bukanlah super hero, tentu punya keterbatasan. Bagaimana jika di tengah genangan mobilmu mogok? Atau terjadi kerusakan mesin setelahnya.

Dilansir dari Suara.com, gejala engine water hammer atau hydrolocking adalah dimana mesin mati mendadak saat di tengah-tengah banjir. Saat air intake yang seharusnya memasok udara untuk ruang bakar kemasukan air, piston mesin bisa mengalami bengkok karena desakan air banjir. Lalu, bagaimana seharusnya pertolongan pertama saat mobil mogok tergenang banjir?


1. Jangan Starter Mobil di Tengah Banjir

Memutar kontak atau melakukan starter mobil ketika mogok di tengah banjir dapat berakibat fatal bagi mesin dan sistem kelistrikannya. Konsleting tak terhindari lagi, imbas terburuk bisa membuat komponen Electronic Control Unit (ECU) dan wiring (kabel bodi) rusak. 

Jika terus dipaksakan, air banjir itu bisa masuk ke mesin yang dapat mengakibatkan gejala engine water hammer yang bisa memecahkan blok mesin. Cara paling aman adalah dengan menderek mobilmu ke bengkel resmi untuk ditangani.


2. Hati-hati Jika Mengevakuasi Mobil dengan Sistem Towing

Sebelum memilih untuk mengevakuasi mobil dengan sistem towing atau diderek, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan terlebih dahulu. Pertama, kamu harus mereservasi bengkel langganan untuk memperbaiki mobilmu yang terendam banjir. Pastikan kalau memang bengkel langgananmu bersedia. 

Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan keadaan sekitar, apakah aman untuk dilalui mobil derek? Kemudian apaka lokasi tujuan yang ditempuh juga kondusif? Kamu juga harus memastikan mobilmu dalam keadaan nonaktif untuk menghindari kerusakan lebih fatal.

Terakhir, kamu harus memastikan kalau jasa towing yang dipilih bereputasi baik. Jangan sampai sudah jatuh malah tertimpa tangga. Kamu butuh pertolongan ternyata justru kena praktek penipuan.

 

3. Pertimbangkan Masalah Klaim Asuransi Mobil

Nekat melibas genangan mungkin bisa membuatmu tepat waktu sampai kantor. Namun apa jadinya jika kendaraan kesayanganmu justru terkena engine water hammer? Kerusakan ini tentu saja membuat pihak asuransi mobil pun berpikir ulang untuk menerima klaim yang kamu ajukan. 

Berdasarkan pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Bab II pasal 3 ayat 4, kerusakan mesin akibat kejadian seperti engine water hammer merupakan jenis kejadian yang dikecualikan sehingga tidak akan bisa diklaim.

Ayatnya berbunyi: Disebutkan dalam klausulnya bahwa: Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan.

Jadi bagaimanapun juga, kamu harus mempertimbangkan untung-rugi ketika nekat menerjang genangan air. Memang kamu dikejar waktu, tapi bukan berarti kamu harus bertindak gegabah tanpa memikirkan akibatnya nanti. 

Lalu, untuk menghindari kemungkinan besar terkena engine water hammer, gunakanlah mobil yang lebih tinggi seperti MVP dan SUV. Jika kamu menginginkan mobil menengah yang lebih kuat menghadang genangan dengan harga terjangkau, yuk cek aplikasi IBID sekarang. Banyak mobil menengah yang IBID tawarkan dari berbagai grade dengan harga yang variatif. Tentunya dapat membuat galaumu karena banjir luntur.


228

Bagikan :

Artikel Terkait

PHP Error

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: about/blog_details_old.php

Line Number: 38

Muat ulang halaman browser anda